Warung Bebas

Saturday, January 12, 2013

varikokel

Pengertian Varikokel

Varikokel atau bahasa ilmiahnya Varicocele adalah sebuah kondisi dimana pembesaran pembuluh vena (pembuluh balik) atau membentuk pembuluh varises di dalam skrotum. Vena adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah dari bagian tubuh kembali ke jantung. Vena berisi katup yang menjaga darah mengalir dalam arah yang benar. Namun, bila katup ini bermasalah, aliran darah berbalik arah ke belakang dan berkumpul di vena, yang mengakibatkan vena membengkak. abnormal ini disebabkan karena kurangnya katup pada pembuluh balik tersebut. Pada penampakan muncul seperti salah satu zakar membesar, ataupun teraba seperti cacing-cacing yang besar di zakar. Skrotum adalah sebuah kantung kulit longgar yang memegang testikel. Varikokel biasanya terbentuk pada sisi sebelah kiri skrotum dan gejala awal biasanya tidak menimbulkan kesakitan. Akan tetapi terkadang ada kemungkinan varikokel bisa menyebabkan rasa sakit dan perasaan penuh yang mengganggu. Varikokel serupa dengan vena varises yang dapat terjadi di kaki.

Gejala / Ciri Ciri Varikokel
Varikokel tidak menimbulkan gejala dan tidak terdeteksi selama bertahun-tahun. Beberapa pria baru menemukan bahwa dirinya mengalami varikokel saat melakukan pengecekan/analisa. Ada beberapa gejala yang dapat dirasakan setelah melakukan olahraga, atau setelah duduk atau berdiri dalam waktu lama; gejalanya meliputi:
• Rasa nyeri di testis
• Perasaan berat atau menyeret dalam kantung testis
• Pelebaran pembuluh darah di kantung testis yang dapat diraba (terasa urat menonjol)
• Testis lebih kecil di sisi tempat pembuluh darah melebar adalah (karena perbedaan dalam aliran darah).

Akibat Varikokel
Varikokel jarang menimbulkan rasa tidak nyaman atau merasa kesakitan. Namun ada beberapa keluhan yang biasa muncul antara lain adanya rasa sakit yang ringan atau rasa berat pada sisi dimana varikokel terdapat, hal tersebut biasanya muncul pada saat setelah berolahraga berat atau setelah berdiri cukup lama.
Keluhan lain yang dapat muncul adalah belum memiliki anak setelah beberapa tahun menikah, atau terkadang adanya benjolan di zakar yang disertai nyeri ringan atau rasa berat.
Pria yang infertil, gambaran angkanya lebih besar yaitu kira-kira 40%. Pada beberapa literatur disebutkan bahwa 21 hingga 41 % pria mandul didapatkan bahwa mereka juga menderita varikokel. Insiden varikokel terdapat pada 15% pria. Varikokel umumnya menyebabkan rendahnya produksi sperma dan penurunan kualitas sperma, meskipun tidak semua varikokel berdampak pada produksi sperma.

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/gynecology/2327914-pengertian-dan-gejala-ciri-ciri/

0 comments em “varikokel”

Post a Comment

 

khairun naqiah Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger