Warung Bebas

Thursday, January 3, 2013

Tips Agar Wanita Gemuk Mudah Mendapatkan Kehamilan

Obesitas pada wanita akan memperkecil kemungkinan untuk hamil.Tetapi bukan berarti Anda tidak akan dapat hamil selamanya, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah yang dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Barbara Lukas dari Michigan State University, wanita dengan BMI (Body Mass Index) di atas 40 lebih kecil kemungkinannya untuk hamil. BMI normal seseorang adalah sekitar 18,5-24,9.

Berikut langkah yang perlu diperhatikan oleh wanita dengan obesitas yang menginginkan kesempatan halmil yang lebih besar, seperti dilansir onlymyhealth, Senin (9/7/2012) antara lain:

1. Turunkan Berat Badan

Penurunan berat badan meskipun hanya sedikit dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Jangan memilih metode menurunkan berat badan secara instan karena dapat menciptakan masalah fisik lainnya seperti kekurangan gizi, gangguan pencernaan dan bahkan kematian.

Sebuah studi yang dilaporkan pada tahun 2007 dalam jurnal Human Reproduction menemukan penurunan kesuburan hingga 5 persen untuk setiap nilai BMI yang lebih dari 29. Menurunkan satu nilai BMI mungkin dapat dilakukan dengan mengurangi berat badan 2 sampai 4 kg.

2. Pantau Siklus Menstruasi Anda

Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur, lakukan seks pada waktu ovulasi Anda. Anda dapat memantau waktu ovulasi dengan memanfaatkan KH kit, monitor suhu dan menguji lendir untuk menentukan apakah Anda sedang berovulasi atau tidak.

Memilih waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seks, dapat meningkatkan kemungkinan untuk hamil bagi wanita obesitas. Jika menstruasi Anda tidak teratur, konsultasikan mengenai waktu ovulasi Anda dengan dokter.

3. Kunjungi Dokter Spesialis Kesuburan

Kunjungi dokter spesialis kesuburan jika Anda belum juga hamil setelah melakukan upaya kehamilan selama enam bulan. Anda mungkin harus melalui tes darah dan tes diagnostik lainnya untuk menemukan masalah yang mungkin perlu diperbaiki untuk meningkatkan peluang untuk hamil.

4. Uji Penyakit Sindrom Ovarium Polikistik

Wanita yang kelebihan berat badan dan mengalami kesulitan untuk hamil sangat mungkin memiliki sindrom ovarium polikistik. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar hormon testosteron pada wanita dan respon insulin abnormal.
Wanita yang menderita sindrom ini dapat diobati dengan terapi hormon insulin dan memperbaiki ketidakseimbangan insulin.

5. Gunakan Obat Tertentu

Pastikan Anda minum obat yang diresepkan oleh dokter. Salah satu obat yang digunakan dokter untuk meningkatkan peluang kehamilan pada wanita obesitas adalah Clomid.

Obat ini membuat siklus menstruasi menjadi teratur sehingga terjadi ovulasi. Obat ini merupakan anti-estrogen oral yang bekerja terhadap efek estrogen. Jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.




0 comments em “Tips Agar Wanita Gemuk Mudah Mendapatkan Kehamilan”

Post a Comment

 

khairun naqiah Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger