Warung Bebas

Tuesday, October 12, 2010

Positif / Negatif

Test kehamilan yang positif belum menjamin seseorang hamil. Karena laki2 juga bisa positif jika menderita tumor tertentu pada zakarianya yang menghasilkan HCG.

Sebetulnya apa sih yang dideteksi pada pemeriksaan urine? HCG = Human Chorionic Gonadotropin. Hormon ini mencapai kadar puncaknya pada kehamilan 100 hari kemudian menurun lagi. Kadarnya tertinggi di urine pagi hari. Kalau mengatakan HCG berarti Betha-HCG. Alfa HCG nggak masuk hitungan karena struktur salah satu cincinnya mirip dengan homon estrogen sehingga agak sulit dibedakan.

Apa saja yang dapat membuat test ini positif padahal yang di test tidak hamil?

1. Hamil Kimia
Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka haid. Padahal angkanya cukup tinggi. Saat di test positif sebelum terlambat haid, ternyata saat tiba jadwal haid keluar seperti biasa jumlahnya dan kehamilan juga keluar bersama haid.

2. Waktu pemeriksaan
Test kehamilan dilakukan diluar standar yang ditentukan oleh pembuat test, misalnya terlalu lama. Yang akan membuat test menajdi positif.

3. Pengaruh obat atau bahan kimia
Obat2 tertentu dapat membuat test ini positif seperti: pemakaian HCG utk terapi kesuburan dan diet. Obat diuretik dan obat2 anti Parkinson jg bisa membuat positif hasil pemeriksaan. Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin juga bisa membuat test positf. Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil test.

4. Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan HCG seperti tumor jaringan plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan HCG dll.

0 comments em “Positif / Negatif”

Post a Comment

 

khairun naqiah Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger